Google Maps Kini Bisa Diakses Secara Offline

rabu, 11 November 2015 | 16:37 WIB
Google Maps Kini Bisa Diakses Secara Offline   

peta macet Google Maps

TEMPO.CO, Mountain View – Melakukan perjalanan di lokasi baru tanpa koneksi Internet kini bukan lagi masalah. Google mengumumkan bahwa pengguna Google Maps mulai Selasa, 10 November 2015, dapat menggunakan navigasi dan pencarian secara offline.

Amanda Bishop, Product Manager Google, mengatakan sekitar 60 persen wilayah di dunia belum menikmati akses Internet. Bahkan di area tempat akses online tersedia, masih terdapat “bolong-bolong” di sana-sini. Hal itu berarti bahwa akses cepat dan mudah ke sumber informasi belum memungkinkan bagi mayoritas penduduk.

“Ini adalah masalah besar, terutama karena orang berusaha menavigasi dan menjelajahi dunia di sekitar mereka, sehingga Google Maps mengambil langkah-langkah untuk membantu orang di seluruh dunia untuk menemukan arah dan mendapatkan tujuan mereka, bahkan ketika mereka tidak memiliki koneksi Internet,” ujarnya dalam sebuah posting blog, Selasa, 10 November 2015.

Untuk mengatasi masalah itu, Google meluncurkan sebuah inovasi. “Kini Anda dapat mengunduh sebuah wilayah ke ponsel Anda, dan suatu waktu Anda tidak menemukan konektivitas, Google Maps akan terus bekerja dengan lancar,” ujarnya.

Pengguna dapat mengunduh suatu daerah dengan mencari sebuah kota, kabupaten, atau negara, misalnya, dan menekan “Download” pada lembar tempat yang disediakan atau dengan pergi ke “Offline Areas” di menu Google Maps dan menekan tombol “+” .

Setelah diunduh, Google Maps akan pindah ke modus offline secara otomatis ketika mengenali pengguna berada di lokasi dengan layanan koneksi bolong-bolong atau tidak ada konektivitas sama sekali.

Ketika sambungan ditemukan, pengguna akan beralih kembali online sehingga dapat dengan mudah mengakses versi lengkap dari Maps, termasuk kondisi lalu lintas secara live untuk rute pengguna.

Secara default, Google hanya akan mengunduh area ke perangkat pengguna ketika berada dalam koneksi Wi-Fi untuk mencegah biaya data yang besar.

Google pertama kali menampilkan inovasi ini dalam acara Google I/O pada Mei 2015, dan secara bertahap meluncurkan bagian pertama dari perbaikan ini dengan versi terbaru dari Google Maps pada Android. Untuk versi iOS akan segera hadir.

“Seiring dengan waktu, kami akan memperkenalkan lebih banyak fitur offline untuk membantu pengguna menemukan arahnya–bahkan ketika tidak dapat menemukan koneksi,” demikian ditulis Bishop.

sumber:http://tekno.tempo.co/read/news/2015/11/11/072717928/google-maps-kini-bisa-diakses-secara-offline

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s